Daftar Maskapai Penerbangan Indonesia yang Bangkrut




hendriyudhape - Indonesia mempunyai banyak maskapai penerbangan, sehingga persaingan di industri penerbangan dalam negeri ini semakin ketat tentunya. Semua maskapai penerbangan di Indonesia saling bersaing untuk mendapatkan pelanggan tetap dan untuk bisa melayani kebutuhan transportasi udara di Indonesia.

Banyak maskapai penerbangan di Indonesia yang katakanlah sudah berada di tingkat sukses seperti Garuda Airlines, Sriwijaya Airlines dan lain-lain. Namun juga ada maskapai penerbangan di Indonesia yang bangkrut atau pailit. Nah maskapai penerbangan mana sajakah yang mengalami bangkrut atau pailit ? Saya akan mengulasnya sedikit di bawah ini.

Berikut ini adalah 6 maskapai penerbangan yang bangkrut:

1. Batavia Air


PT Metro Batavia selaku operator maskapai penerbangan Batavia Air adalah maskapai penerbangan terbaru yang diputusan bangkrut oleh Pengadilan Niaga Jakarta Pusat. Yudiawan Tansari adalah pendiri maskapai penerbangan Batavia yang berbasis pasar domestik.

PT Metro Batavia didirikan Yudiawan pada tahun 2001. Maskapai penerbangan resmi beroperasi pada 5 Januari tahun 2002 yang lalu dengan satu buah pesawat jenis Fokker F28 dan dua unit Boeing 737-200. Sejak Batavia Airlines didirikan, Batavia hanya mengalami 8 kali kecelakaan kecil dan tidak merenggut satu nyawa pun. Tetapi berbagai prestasi tersebut hanya dihargai Rp 762 miliar oleh maskapai asal Malaysia tersebut.

2. Bouraq Airlines


Maskapai penerbangan Bouraq Airlines didirikan pada April 1970 oleh pendirinya yaitu Jarry Albert Sumendap. Perusahaan keluarga ini juga memiliki Bali Air yang saat ini juga sudah tidak beroperasi. Awalnya maskapai dioperasikan Douglas DC-3. Dari tahun 1973 turboprop Hawker Siddeley HS 748 diperkenalkan pada layanan Bouraq.

Kedua maskapai penerbangan ditutup pada tahun 2005 setelah masalah keuangan yang berkepanjangan. Penerbangan Bouraq terakhir dijadwalkan berlangsung pada bulan Juli 2005. Lisensi penerbangan telah dicabut pada 2007.


3. Jatayu Airlines


Jatayu Airlines atau Jatayu Gelang Sejahtera awalnya sebuah maskapai penerbangan charter yang didirikan pada 2000 dan pernah mengoperasikan penerbangan domestik dan internasional.?

Maskapai ini sempat berhenti beroperasi pada tahun 2007. Pada April 2008, Departemen Perhubungan Republik Indonesia membekukan izin penerbangan Jatayu Airlines karena tidak memenuhi kelaikan jumlah armada minimal lima buah pesawat.


4. Indonesian Airlines


Maskapai penerbangan Indonesian Airlines pada berdiri pada tahun 1999 oleh pendirinya yaitu Rudy Setyopurnomo. Maskapai ini mulai beroperasi Maret 2001 setelah pada September 1999 setelah memperoleh izin dari pemerintah Indonesia untuk melakukan penerbangan berjadwal di 46 rute. Perusahaan ini dimiliki oleh investor perorangan (75 persen) dan Rudy Setyopurnomo (25 persen), Presiden Direktur maskapai ini. Indonesian Airlines menghentikan operasinya pada tahun 2003.



5. Sempati Air


Maskapai penerbangan Sempati Air adalah maskapai penerbangan keluarga Soeharto (mantan Presiden Indonesia) beserta sahabatnya. Maskapai ini didirikan pada Desember 1968 yang diberi nama dengan PT Sempati Air Transport. Sempati Airlines mulai beroperasi pada Maret 1969 dengan Pesawat DC-3 dan Fokker F27

Di pertengahan dan akhir 1980-an, armada pesawat Sempati berkembang dengan masuknya Fokker 100, Fokker 70 dan Boeing 737-200 kemudian juga Airbus A300B4. Perusahaan ini sempat berganti nama menjadi Sempati Air pada tahun 1996. Ketika krisis moneter 1998 menghantam Indonesia, Sempati Air terpaksa menjual atau mengembalikan pesawatnya, namun tetap saja pada Juni 1998 Sempati harus menghentikan operasi perusahaannya. Maskapai Sempati Airlines berhenti beroperasi sejak 5 Juni 1998.


6. Adam Air


PT. Adam SkyConnection Airlines merupakan perusahaan operator maskapai penerbangan Adam Air. Maskapai penerbangan Adam Air didirikan oleh pendirinya yaitu Sandra Ang dan Agung Laksono. Maskapai ini mulai beroperasi pada 19 Desember 2003 dengan penerbangan perdana ke Balikpapan. Pada awal beroperasi Adam Air menggunakan dua Boeing 737 sewaan.

Adam Air pernah menerima penghargaan Award of Merit dalam the Category Low Cost Airline of the Year 2006 dalam acara 3rd Annual Asia Pacific and Middle East Aviation Outlook Summit di Singapura karena kinerjanya yang sangat bagus.

Pemerintah sempat memberi peringatan kepada maskapai penerbangan Adam Air yang disebabkan karena berbagai kecelakaan dan insiden yang menimpa maskapai ini. PT Air Operator Certificate Adam Air kemudian dibekukan dan Adam Air dihentikan pada 17 Maret 2008. Adam Air tidak diizinkan lagi menerbangkan pesawatnya berlaku efektif mulai tanggal 19 Maret 2008.


======================================================================================
|| Maskapai Penerbangan Indonesia || Maskapai Penerbangan Indonesia Bangkrut || Daftar Maskapai Penerbangan Indonesia ||
======================================================================================