Pengertian, Keuntungan dan Kerugian Ecommerce


hendriyudhape - Pengertian Ecommerce, E-commerce adalah suatu perdagangan atau jasa yang menggunakan media online. Media online disini adalah internet. Pada jaman modern seperti ini ecommerce sering dikaitkan dengan bisnis online di internet entah itu di media online seperti blog atau website yang berbau online shop, atau bahkan sering atau bisa dibilang sudah banyak yang menjamur bisnis melalui social media seperti di facebook, twitter, bbm, dll.

Pengertian E-commerce ada banyak sekali menurut para ahli namun sudah menurut yang saya rangkum setelah membaca sekian banyak pengertian e-commerce, inti dari e-commerce tersebut adalah suatu perdagangan jasa melalui media online atau internet. Entah itu berupa barang maupun jasa.

Jenis E-commerce :
  • Business to Business (B2B)
  • Business to Customers (B2C)
  • Customers to Customers (C2C)
  • Government to Nation (G2N)
  • Revenue Stream (Aliran Pendapatan) baru yang mungkin lebih menjanjikan yang tidak bisa ditemui di sistem transaksi tradisional.
  • Dapat meningkatkan market exposure (pangsa pasar).
  • Menurunkan biaya operasional (operating cost).
  • Melebarkan jangkauan (global reach).
  • Meningkatkan customer loyality.
  • Meningkatkan supplier manajement.
  • Memperpendek waktu produksi.
  • Meningkatkan value chain (mata rantai pendapatan).
  • Kehilangan segi finansial secara langsung karena ada kecurangan.
  • Pencurian informasi rahasia yang berharga.
  • Kehilangan kesempatan bisnis karena ganguan pelayanan. Kesalahan ini bersifat kesalahan non-teknis seperti listrik yang tiba-tiba padam.
  • Kehilangan kepercayaan dari para konsumen.
  • Kerugian yang tak terduga.
  • Hacking atau peretasan pada sebuah situs.